Refleksi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMA Negeri 3 Purwokerto
Oleh Babeh Opiq 76

By Tim IT SMAGA Purwokerto 03 Jun 2023, 06:46:21 WIB Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
Refleksi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMA Negeri 3 Purwokerto

Gambar : Info Gelar Karya P3 SMA Negeri 3 Purwokerto


Pada tahun pelajaran 2022-2023 ini bagi SMA Negeri 3 Purwokerto menjadi tahun tahun yang berbeda dari tahun pelajaran sebelumnya. Pembedanya adalah dengan mulai diterapkannya implementasi kurikulum merdeka bagi peserta didik kelas X atau fase E. Dan bukan sistem pengajarannya yang membuat berbeda, tetapi muncul adanya kegiatan kokurikuler yang wajib dan harus dilaksanakan, dan kegiatan tersebut ini belum pernah ada di kurikulum yang sebelum-sebelumnya. Kegiatan kokurikuler tersebut diberikan nama Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila atau selanjutnya disingkat dengan P5.

Secara teori tentang referensi apa dan bagaimana Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) mungkin bisa dicari melalui berbagai media internet. Namun pada tingkatan implementasi atau pelaksanaannya, banyak pendidik yang masih gagap dan bingung apa yang seharusnya dilakukan. Yang muncul dibenak para pendidik adalah apakah langkah-langkah projek yang sudah dilaksanakan di dalam kelas benar-benar seperti apa yang diinginkan pemerintah atau tujuan dari Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.

Bagi yang belum memahami tentang penerapan dan yang belum tahu apa itu Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila? Pemahaman secara mudahnya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila merupakan satu rangkaian kegiatan kokurikuler berbasis projek yang dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai dengan profil pelajar Pancasila yang disusun berdasarkan pada Standar Kompetensi Lulusan (SKL).

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila adalah salah satu pembelajaran yang memberikan pengalaman langsung kepada para peserta didik, sesuai dengan kondisi karakteristik dilingkungan sekitar agar peserta didik memiliki kompetensi yang lebih luas dan berperilaku yang mencerminkan nilai-nilai dari Pancasila dalam kehidupan sehari-harinya .

SMA Negeri 3 Purwokerto sebagai salah satu sekolah yang baru tahun pelajaran ini ikut menerapkan Implementasi Kurikulum Merdeka dengan pilihan mandiri berubah. Dengan pilihan ini SMA Negeri 3 Purwokerto diberikan kemudahan oleh pemerintah untuk menggunakan perangkat ajar yang sudah disiapkan dan disediakan. Tetapi untuk modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, pemerintah hanya menyediakan buku panduan pengembangan modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang harus bisa ditafsirkan dan diterjemahkan kembali oleh pihak SMA Negeri 3 Purwokerto sesuai dengan kondisi dan keadaan yang ada di SMA Negeri 3 Purwokerto. Berbeda dengan modul ajar lainnya yang sepenuhnya sudah siap pakai di semua jenjang pendidikan.

Sebelumnya kita harus bisa memahami dan mengetahui dulu, apa itu isian modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila? Dimana isian dari modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila merupakan dokumen yang berisikan tentang pengertian, tujuan, langkah, media pendukung pembelajaran, dan asesmen yang dibutuhkan untuk mendukung keterlaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.

Para pendidik di SMA Negeri 3 Purwokerto memiliki keleluasaan untuk bisa membuat rumusan bersama dengan memilih dan memodifikasi modul projek profil yang tersedia sesuai dengan konteks, karakteristik, dan kearifan lokal serta kebutuhan peserta didik SMA Negeri 3 Purwokerto.

SMA Negeri 3 Purwokerto sebagai salah satu sekolah yang baru tahap awal dalam pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, memiliki beberapa ciri yang menjadi pembeda yang nyata dengan sekolah yang sudah berpengalaman melaksanakan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Ciri yang pertama, yaitu SMA Negeri 3 Purwokerto belum memiliki sistem yang baku dalam persiapan dan pelaksanaan pembelajaran berbasis projek, belum sampai ke tahapan dimana pembelajaran berbasis projek sudah menjadi bagian dari kebiasaan di SMA Negeri 3 Purwokerto. Untuk ciri yang kedua, yaitu konsep pembelajaran berbasis projek yang baru diketahui pendidik di SMA Negeri 3 Purwokerto, belum sampai ke tahapan dimana konsep pembelajaran yang berbasis projek sudah dipahami oleh semua pendidik di lingkungan SMA Negeri 3 Purwokerto. Selanjutnya untuk ciri yang ketiga, untuk sementara SMA Negeri 3 Purwokerto menjalankan projek secara internal, belum sampai kepada tahapan dimana SMA Negeri 3 Purwokerto sudah menjalin kerjasama dengan para pihak mitra di luar SMA Negeri 3 Purwokerto agar bisa memberikan dampak projek dapat diperluas secara berkelanjutan dan berkesinambungan.

Dalam pemilihan opsi tematik, pada SMA Negeri 3 Purwokerto pada tahap awal ini mengangkat 3 tema (Kewirausahaan, Kearifan Lokal dan Gaya Hidup Berkelanjutan) sekaligus dimana pada setiap tema yang dipilih nantinya diberikan pada seluruh peserta didik SMA Negeri 3 Purwokerto di tingkat/kelas X atau fase E, dan untuk sementara belum sampai ke tahap di mana setiap kelas menelaah tema yang berbeda sesuai pilihan peserta didik. Selanjutnya penentuan topik dilakukan sepenuhnya oleh peserta didik yang didiskusikan dan dikomunikasikan dengan guru pembimbing P5 yang sudah ditetapkan. Dalam pengembangan modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, SMA Negeri 3 Purwokerto yang masih berada di tahap awal ini untuk sementara masih menggunakan modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang sudah tersedia dan tentunya dengan penyesuaian-penyesuaian yang ada SMA Negeri 3 Purwokerto. Contoh-contoh modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang sudah ada dijadikan sebagai stimulus inspirasi untuk SMA Negeri 3 Purwokerto.

SMA Negeri 3 Purwokerto dan beserta para pendidik didalamnya dapat mengembangkan modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila sesuai dengan kebutuhan kegiatan belajar mengajar bagi peserta didik dengan memodifikasi yang disesuaikan dengan karakteristik daerah, lingkungan sekolah, dan peserta didik. Oleh karena itu, SMA Negeri 3 Purwokerto untuk saat ini melakukan adaptasi modul dengan yang disesuaikan dengan kondisi SMA Negeri 3 Purwokerto. Ada dua hal yang diadaptasikan, pertama, penentuan bagian bagian dari konten modul yang perlu disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan sekolah/peserta didik yang mencakup topik, tujuan, aktivitas, dan asesmen. Yang kedua, menuliskan rencana penyesuaian yang akan dilakukan. Dan berikutnya diselaraskan dengan cara, pertama, memeriksa kembali kesesuaian tujuan, aktivitas, dan asesmen modul. Kedua, menyelaraskan kesinambungan antara isu atau tema yang dibahas, tujuan projek profil, serta kondisi dan kebutuhan sekolah/peserta didik.

Dan akhirnya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila telah berhasil di gelar di SMA Negeri 3 Purwokerto disertai dengan berbagai lika liku yang ada didalamnya dalam rangka pencarian formulasi yang tepat untuk pelaksanaan pada tahap-tahap berikutnya. Agar kegiatan ini dapat berlangsung dengan sukses sesuai dengan marwah dari Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila maka bagi para pendidik sebagai agen fasilitator pembelajaran ke depannya perlu untuk terus berkreasi meningkatkan partisipasi belajar mengajar bagi seluruh peserta didik dalam serangkaian kegiatan yang sedang dilaksanakan dengan pendampingan dan pengarahan serta dorongan dari para stakeholder di SMA Negeri 3 Purwokerto. Semoga semua pendidik di SMA Negeri 3 Purwokerto diberikan kemudahan dalam memahami dan melaksanakan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ini untuk kegiatan-kegiatan pada tahapan yang berikutnya. Kesuksesan kegiatan tahap pertama ini tidak terlepas dari sinergi seluruh sivitas akademika di SMA Negeri 3 Purwokerto yang cukup HEBAT dan KEREN.

Tunggu Kembali kehadiran kami Sivitas Akademika SMA Negeri 3 Purwokerto di Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada tahap kedua sekitar bulan November 2022 dan tahapan puncaknya di Bulan Januari 2023. So …. ada apa dengan tahapan puncaknya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di bulan Januari 2023?

Salam dari kami Sivitas Akademika SMA Negeri 3 Purwokerto bagi dunia Pendidikan di Indonesia.

Bravo SMA Negeri 3 Purwokerto !  semakin Kompetitif, Enerjik, Relijius, Emphaty dan Nasionalis (KEREN)

KAMI MEMANG NO URUT 3, TAPI KAMI YANG ..... TERBAIK !

Sampai jumpa kembali pada tulisan kami berikutnya …

(-ta-)




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment