Pembentukan Karakter Siswa Melalui Ulangan Tengah Semester

Jum`at, 19 Oktober 2012 21:15:11 - oleh : admin

 

Pembentukan Karakter Siswa Melalui Ulangan Tengah Semester

Pada tanggal 8 sampai dengan 19 Oktober 2012 telah dilaksanakan Ulangan Tengah Semester (UTS) I Tahun Pelajaran 2012-2013. Kegiatan tersebut berlangsung tertib dan lancar. UTS merupakan kegiatan yang dilakukan pendidik untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik setelah melaksanakan 8 – 9 minggu kegiatan pembelajaran. Cakupan ulangan meliputi seluruh indikator yang merepresentasikan seluruh KD pada periode tersebut. Ini sesuai dengan  Lampiran Permendiknas Nomor 20 Tahun 2007 Standar Penilaian Pendidikan.

 

Nilai yang diperoleh siswa akan menjadi komponen yang diperhitungkan dalam pembuatan nilai rapor bersama nilai ulangan harian, nilai ulangan akhir semester dan nilai tugas. Hasil yang diperoleh menggunakan rumus (3 X rata-rata UH + UTS + UAS ): 5, ini akan menjadi nilai pengetahuan dalam rapor.  Nilai praktik berasal dari rata-rata nilai praktik setiap KD, sedangkan nilai sikap berasal dari pengamatan guru mata pelajaran tentang sikap siswa terhadap mata pelajaran tertentu.

 

Seperti  sebelumnya, UTS  dirancang menjadi sebuah kegiatan yang tidak hanya sekadar mengukur kompetensi siswa, tetapi diupayakan agar mampu berkontribusi pada pembentukan karakter siswa. Siswa duduk satu-satu sehingga setiap jam UTS hanya diikuti siswa kelas X, XI, atau XII. Setiap ruang rata-rata diisi 18 siswa. Pengawasan pun dilakukan secara ketat.

 

Dengan cara ini diharapkan semua siswa memiliki etos belajar yang lebih baik. Mereka akan melakukan persiapan  optimal dengan belajar keras. Tidak ada siswa  mengharapkan bantuan dari teman saat mengerjakan ulangan. Setiap siswa akan memperoleh nilai sesuai dengan usaha yang telah dilakukannya. Nilai yang diperoleh diharapkan betul-betul merepresentasikan kemampuan siswa.  Lebih penting lagi agar tumbuh kompetisi positif dan rasa percaya pada kemampuan sendiri di kalangan siswa. Akhirnya, pada diri siswa akan tumbuh pembenaran bahwa untuk memperoleh sesuatu perlu kerja keras, usaha sungguh-sungguh, dan rasa percaya pada diri sendiri. (sy)

 

 

 

 

 

 

"Berita" Lainnya