MAKE A MATCH DAN MEMBACA BERBAGAI POLA PARAGRAF

Jum`at, 27 April 2012 11:09:33 - oleh : admin

MAKE A MATCH  DAN MEMBACA BERBAGAI POLA PARAGRAF

 

Standar Kompetensi

11. Memahami ragam wacana tulis melalui kegiatan membaca cepat dan membaca intensif

 

Kompetensi Dasar

11.2  Menentukan kalimat kesimpulan (ide pokok) dari berbagai pola paragraf  induksi , deduksi dengan membaca intensif

 

 

Catatan:

1. Model ini tepat diterapkan untuk sesi review. Artinya, siswa telah menguasai atau memahami  esensi materi baik melalui pembelajaran bersama guru ataupun belajar sendiri

2. Kartu soal dan kartu jawaban yang harus dipersiapkan guru sebelum pembelajaran dimulai

a.    Kartu-kartu  soal yang dipersiapkan guru antara lain berisi

1)    satu contoh paragraf deduktif dan sebuah soal yang menanyakan  

pikiran utama/ide pokok sebuah paragraf induktif,

2)    satu contoh paragraf induktif dan sebuah soal yang menanyakan  

          pikiran utama/ide pokok sebuah paragraf  deduktif,

3)    sebuah paragraf generalisasi yang dirumpangkan kalimat simpulannya dan sebuah soal yang menanyakan kalimat simpulan yang tepat untuk mengakhiri paragraf tersebut

4)    sebuah paragraf analogi yang dirumpangkan kalimat simpulannya dan sebuah soal yang menanyakan kalimat simpulan yang tepat untuk mengakhiri paragraf tersebut

5)    sebuah paragraf sebab akibat yang dirumpangkan kalimat simpulannya dan sebuah soal yang menanyakan kalimat simpulan yang tepat untuk mengakhiri paragraf tersebut

6)  soal yang menanyakan sebuah contoh paragraf generalisasi

7)    soal yang menanyakan sebuah contoh paragraf analogi

8)    soal yang menanyakan sebuah contoh paragraf sebab akibat

9)    soal yang menanyakan ciri-ciri sebuah paragraf generalisasi

10) soal yang menanyakan ciri-ciri sebuah paragraf analogi

11) soal yang menanyakan ciri-ciri sebuah paragraf sebab akibat

 

b.    Kartu-kartu  jawaban yang dipersiapkan guru berisi sebuah jawaban dari semua soal yang tertulis pada kartu soal. Sesuai dengan pertanyaan pada kartu soal di atas, maka kartu jawaban berisi

1)    Sebuah pikiran utama/ide pokok paragraf deduktif yang terdapat pada kartu soal 1

2)    Sebuah pikiran utama/ide pokok paragraf induktif yang terdapat pada kartu soal 2

3)    Sebuah kalimat simpulan generalisasi sesuai paragraf pada kartu soal 3

4)    Sebuah kalimat simpulan analogi sesuai paragraf pada kartu soal 4

5)    Sebuah kalimat simpulan sebab akibat sesuai paragraf pada kartu soal 5

6)    Contoh paragraf generalisasi

7)    Contoh paragraf analogi

8)    Contoh paragraf sebab akibat

9)    Ciri-ciri paragraf generalisasi

10) Ciri-ciri paragraf analogi

11) Ciri-ciri paragraf sebab akibat

3. Apabila jumlah kartu soal dan kartu jawaban belum sejumlah siswa, guru bisa memperbanyak kartu soal dan kartu jawaban nomor 3 sampai dengan 8.

 

Kegiatan Inti Pembelajaran

1.    Setiap siswa mendapat sebuah kartu

2.    Setiap siswa memikirkan soal atau jawaban dari kartu yang dipegang

3.    Setiap siswa mencari pasangan pemegang kartu yang cocok dengan kartunya (soal jawaban)

4.    Setiap pasangan yang dapat mencocokkan kartunya sebelum batas waktu diberi poin

5.    Setelah satu babak selesai, kartu dikocok lagi agar tiap siswa mendapat kartu yang berbeda dengan sebelumnya

6.    Demikian seterusnya

7.    Guru memberi komentar dan masukan berdasarkan masalah yang muncul atau menjawab pertanyaan yang muncul setelah beberapa babak berakhir

8.    Guru membuat simpulan dan mengumumkan pasangan-pasangan tercepat

Oleh : Sri Yuliyarti

 

 

 

    

 

"Artikel" Lainnya