Si Intan Yang Bersinar

Kamis, 26 April 2012 10:54:40 - oleh : admin

Berdisiplin karena Taekwondo

SELAIN berguna untuk menjaga diri, bagi Intan Fitriana menekuni seni bela diri memiliki banyak manfaat, mulai dari menyehatkan tubuh hingga beragam manfaat yang lain.  

Itu yang kini dirasakan oleh siswi kelas XI IPS 1 SMA 3 Purwokerto itu. Ya, gadis yang meraih juara dalam sejumlah event itu mengaku kepincut dengan olahraga bela diri spesialisasi tendangan itu, lantaran memeroleh beragam manfaat.  

''Dengan ikut latihan taekwondo, setidaknya saya dapat belajar untuk lebih berdisiplin,'' kata dia saat ditemui di sekolahnya, kemarin.

Pendidikan kedisiplinan itu didapatkan saat mengikuti latihan.  Dalam setiap latihan, ia harus mengusahakan untuk datang tepat waktu.  Bila sampai terlambat, maka pelatih tidak segan-segan memberikan hukuman. Hal itu berlaku bagi semua peserta latihan.

Pernah ia alami, saat mengikuti latihan yang biasa dilakukan setiap pagi dan sore di GOR Satria Purwokerto. ''Beberapa kali saya terlambat datang.  Mau tidak mau saya harus menerima sanksi dari pelatih berupa push up hingga 50 kali.  Sebenarnya, itu bukan suatu hukuman, tapi suatu upaya dari pelatih untuk mengajak kami berdisiplin,'' ungkap anak pasangan Setiono dan Puji Astuti tersebut.

Selain itu, lanjut dia, selama bergabung dalam taekwondo Banyumas, ia juga mendapatkan pelajaran tentang pentingnya menghormati orang yang lebih senior.  ''Ada beberapa tingkatan dalam bela diri taekwondo.  Bagi mereka yang berada di tingkatan rendah harus menghormati yang lebih senior.  Ini juga diterapkan dalam aktivitas sehari-hari,'' ujar anak pertama dari dua bersaudara itu.

Intan yang pernah menyabet juara III dalam kejurnas taekwondo kategori pomsae (seni) berpasangan Desember 2011 lalu, juga mengaku memeroleh manfaat yang lain.  ''Selama mengikuti latihan taekwondo, mental kami terus digembleng.  Ternyata hal itu bermanfaat bagi kami yang selama ini belum memiliki mental yang kuat,'' jelas gadis yang tinggal di Perumahan Griya Teluk Baru RT 3 RW 10 Kelurahan Teluk, Purwokerto Selatan tersebut.

Peraih juara III Popda Jateng Taekwondo pada Mei tahun lalu itu, kini tengah melakukan persiapan untuk menghadapi sejumlah lomba.  ''Sekitar Oktober nanti akan ada lagi Popda tingkat SMA.  Sekarang saya sudah melakukan persiapan dengan berlatih setiap pagi pukul 04.15-06.00 dan sore pukul 15.30-18.30,'' tandas gadis yang bercita-cita menjadi guru bahasa asing itu.(Budi Setyawan-64)

Sumber : http://suaramerdeka.com

 

"Berita" Lainnya