SNOWBALL THROWING DAN MEMBACA ARTIKEL

Selasa, 24 April 2012 11:55:04 - oleh : admin

SNOWBALL THROWING DAN MEMBACA ARTIKEL

Kelas XII

Standar Kompetensi

3. Mampu membaca dan memahami berbagai teks nonsastra dengan berbagai teknik      membaca (cepat, memindai (scanning) secara intensif untuk menarik kesimpulan,  memberikan penjelasan, serta untuk persiapan membacakan teks.

Kompetensi Dasar

3.2 Membaca intensif artikel

 

Kegiatan Inti Pembelajaran

1.       Kelas dibagi menjadi kelompok-kelompok @ 5 siswa

2.       Setiap anggota kelompok diberi  artikel  yang sama yang telah dipersiapkan guru

3.       Setiap kelompok memperoleh artikel yang berbeda dengan kelompok lain

4.       Setiap anggota kelompok membaca artikel secara intensif

5.       Setiap kelompok membuat lima pertanyaan/soal tentang isi artikel, kunci jawaban sesuai pertanyaan, dan pedoman penskoran  secara tertulis selama 15 menit

6.       Guru mendata waktu yang dihabiskan setiap kelompok dalam membuat lima pertanyaan/soal tentang isi artikel,  kunci jawaban sesuai pertanyaan, dan  pedoman penskoran

7.       Kelompok berhenti bekerja setelah waktu (15 menit ) habis

8.       Semua artikel dikumpulkan per kelompok kepada guru

9.       Guru menginformasikan 3 kelompok  tercepat atau semua kelompok berdasarkan  urutan kecepatan mengerjakan

10.   Pertanyaan/soal dibentuk mirip bola, kemudian dilempar-lemparkan ke kelompok lain sampai lima kali dengan aba-aba guru.

11.   Setiap kelompok memperoleh pertanyaan/soal buatan kelompok lain

12.   Jika ada kelompok yang memperoleh soal buatan sendiri, soal dilemparkan lagi ke kelompok lain sampai setiap kelompok memperoleh soal kelompok lain

13.   Satu orang dari setiap kelompok mengambil artikel di meja guru sesuai pertanyaan/soal yang telah diperoleh

14.   S etiap anggota kelompok  membaca intensif artikel  sesuai dengan pertanyaan/soal yang diperoleh

15.   Kelompok menjawab lima pertanyaan/soal  secara tertulis selama 10 menit

16.   Guru mendata waktu yang dibutuhkan setiap kelompok dalam menjawab soal

17.   Kelompok berhenti mengerjakan setelah waktu (10 menit) habis

18.   Guru menginformasikan 3 kelompok tercepat dalam mengerjakan soal

19.   Setiap kelompok mempresentasikan jawaban di  depan kelas dan diberi skor oleh kelompok pembuat soal berdasarkan pedoman penskoran yang telah dibuat

20.   Guru memberikan klarifikasi dan konfirmasi

21.   Guru mengumumkan perolehan skor

Oleh : Sri Yuliyarti

"Artikel" Lainnya