UPACARA PERINGATAN HARI LAHIRNYA PANCASILA TAHUN 2017

Kamis, 8 Juni 2017 12:54:13 - oleh : admin

Dalam rangka memperingati Hari Kelahiran Pancasila ke 52, tahun 2017,  telah digelar upacara bendera, kamis 1 juni 2017 di halaman SMA Negeri 3 Purwokerto.

Upacara tersebut dipimpin langsung oleh Ibu Dra. Fatachturohmah selaku guru Pkn, serta dihadiri Kepala Sekolah, guru / karyawan, dan para siswa kelas X dan XI SMA Negeri 3 Purwokerto.

Saat memberikan amanat, Ibu Dra. Fatachturohmah, menegaskan, Pancasila telah lahir 1 juni 1945 yang digagas oleh Founding Father, Ir Sukarno bersama Muhammad Yamin.

Kelahiran Pancasila menelurkan 5 dasar yang terdiri dari sila 1 sampai sila ke 5 yang telah dirumuskan secara baik, dan telah menjadi dasar dan ideologi bangsa Indonesia.

Oleh karena itu, Ibu Dra. Fatachturohmah menegaskan bahwa Pancasila harus menjadi ideologi utama dalam NKRI, dan tidak boleh ada ideologi lain selain Pancasila.

Diakhir amanatnya, Ibu Dra. Fatachturohmah mengajak seluruh peserta upacara untuk memahami nilai-nilai Pancasila dengan mengedepankan sikap menghargai satu sama lain sesuai semboyan Bhineka Tunggal Ika.

Seusai sambutan, Ibu Dra. Fatachturohmah mengajak peserta upacara mengucapkan tema peringatan Hari Pancasila ke 52, “Saya Indonesia, Saya Pancasila”. (nh)

"Berita" Lainnya