ACSPFT dan MFT Menjaring Siswa Kelas OR

Senin, 8 Juni 2015 18:53:42 - oleh : admin

Sebanyak 79 calon siswa  dari 18 cabang olahraga mengikuti tes fisik, tes psikologi, dan wawancara selama tiga hari.  Pengukuran  ini merupakan rangkaian Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) kelas olahraga SMA Negeri 3 Purwokerto tahun pelajaran 2015/2016. Kegiatan berlangsung Senin, Selasa, dan Kamis , 8, 9, dan 11 Juni bertempat di SMA Negeri 3 Purwokerto dan tempat-tempat yang ditentukan pengurus cabang KONI Kabupaten Banyumas. 

Untuk mengetahui tingkat kesegaran jasmani calon siswa, pada hari Senin, 8 Juni 2015 diselenggarakan tes  kesegaran jasmani Asian Committtee on the Standardization of Physical Fitness Test (ACSPFT). Tes ini dikoordinasi oleh KONI Kabupaten Banyumas. Jenis tes yang diujikan adalah lari cepat 50 meter, lompat jauh tanpa awalan, bergantung angkat badan untuk putra, bergantung siku tekuk untuk putri, lari hilir mudik 4x10 meter, baring duduk 30 detik, lentuk togok ke muka, lari jauh jarak 1.000 meter untuk putra, dan 800 untuk putri.

Untuk memprediksi Ambilan Oksigen Maksimum (Maximum Oxygen Uptake), calon siswa diwajibkan mengikuti tes Multistage Fitness Test (MFT) pada Selasa, 9 Juni 2015.  Tes berupa lari berjarak 20 meter yang dilakukan bolak-balik (berulang-ulang) dengan kecepatan makin meningkat. Setelah MFT, calon siswa mengikuti tes cabang olahraga yang diselenggarakan pelatih masing-masing cabor yang direkomendasikan KONI Kabupaten Banyumas.

Pada Kamis, 11 Juni 2015 calon siswa mengikuti tes psikologi dan wawancara.  Tes psikologi diselenggarakan atas kerjasama SMA Negeri 3 Purwokerto dengan Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Purwokerto.  Wawancara diselenggarakan oleh komite SMA Negeri 3 Purwokerto. (-sy-)

 

 

"Berita" Lainnya