“Yang Tertidur” Rebut Juara 1, “Arka” Juara 3 OLIMPIADE BAHASA SE-BRALINGMAS 2014

Selasa, 25 November 2014 10:10:17 - oleh : admin

 

Puisi  “Yang Tertidur” karya Ayu Larasati,  kelas XII IPA -3 SMA Negeri 3 Purwokerto keluar sebagai juara 1 Olimpiade Bahasa Indonesia Tingkat  SMA Sederajat.  Lomba seni cipta puisi ini diikuti siswa SMA  dan SMK negeri dan swasta se-Kabupaten Banjarnegara, Purbalingga, dan Banyumas.  Kegiatan yang berlangsung Minggu, 23 November 2014 diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UMP bekerja sama dengan Pusat Bahasa  Provinsi Jawa Tengah dalam memperingati bulan bahasa.

Puisi  “Yang Tertidur ” memaparkan kenyataan-kenyataan yang hidup dan berkembang di sekitar kita. Krisis moral,   karakter luhur bangsa yang semakin terkikis,  serta kesenjangan sosial yang terus menganga mewarnai puisi ini.  

Siswi yang cerpennya baru saja masuk dalam antologi puisi lomba penulisan cerpen tingkat nasional ini juga menyabet juara 3 penulisan cerpen di ajang yang sama. Melalui “Arka”, Ayu bercerita tentang seorang pemuda yang ingin memajukan bangsa melalui dunia pendidikan. Ia rela meninggalkan kemewahan yang disediakan ayahnya dan menjadi sukarelawan  mengajari anak-anak di Lembah Baliem. Cerita ini terinspirasi oleh keberadaan 3 siswa afirmasi di SMA N 3 Purwokerto.

Selain “Arka”, cerpen “Minta Kenaikan” karya Salma Nuha Azizah,X IPA-5 juga masuk 5 besar.

Atas prestasi tersebut, Ayu memperoleh piala, piagam, dan uang pembinaan dari UMP. Selamat dan teruslah berkarya anak-anakku. (-sy-)


 

"Berita" Lainnya