PROFIL JUARA UN 2014

Senin, 2 Juni 2014 22:20:58 - oleh : admin

PROFIL

         JUARA  UNAS 2014

SMA NEGERI 3 PURWOKERTO

            

      Cewek lemah- lembut ini  memiliki nilai UN 50,80. Nilai ini nilai tertinggi    dari     149 pserta UN SMA Negeri 3 Purwokerto tahun 2014,  baik program studi  IPA maupun program studi IPS. Rata-rata nilai  mataujiannya 8,5 .  

        Indah adalah nama panggilan sehari-hari. Lengkapnya, cewek ini bernama Indah Rizqi Kurnia Ningsih. Seorang cewek yang hobinya memainkan instrumen bonang penerus pada musik gamelan. Ia telah berkali-kali pentas mengiringi wayangan dan pentas seni di sekolah. Tangannya yang gemulai juga terampil memainkan instrumen bonang yang terbuat dari perunggu ini.

       Indah adalah anak sulung dari seorang ayah yang bekerja di CV Sakanusantara yang sehari-hari mengerjakan  perbaikan  alat-alat berat,  termasuk perbaikan  kapal di Cilacap. Ibunya sebagai perajin (membuat)  bulu mata palsu, yang hasilnya disetorkan ke pabrik bulu mata PT Royal Karindo,  Purbalingga. Indah mempunyai adik satu orang yang masih di kelas lima SD. Saat ditanya wartawan SMAGA tentang tujuan pascalulusan, ia mengatakan, “ saya ingin masuk FKIP UNY. Saya ingin jadi guru biologi atau fisika”   Saat ditanya apa alasan ingin jadi guru, sambil tersenyum mengatakan, “ Jadi guru adalah peran tepat untuk mencerdaskan anak bangsa”.

       Warna putih baju kebayanya dengan agak transparan  membalut tubuh Indah Rizqi yang agak gemuk namun masih tergolong langsing. Dandanan rambut yang digelung pendek dan diurai ke depan dahi menyembulkan wajah Indah Rizqi yang “baby face” .  Sapuan tipis bedak rias wajah yang dikenakannya mempertajam ekspresi senyumnya. Indah juga memang indah saat hari pelepasan itu dengan kain kebaya bercorak ornamen abstrak penuh hiasan prodo pada seluruh kain kebayanya.  Indah merasa bangga dengan presatasinya. Saat diwawancarai terlihat kegembiraan itu. Walaupun orangnya  tergolong tidak banyak bicara, senyum dan tawanya menyemburatkan rasa bahagia hatinya. Selamat menapaki jalan baru ke universitas.

Ujian nasional 2014 SMA Negeri 3 Purwokerto  mengantarkan Ikko sebagai juara nilai tertinggi di program IPS. Ia mengungguli 114 siswa IPS sebagai peserta UN tahun 2014. Nilai yang berhasil diraih Ikko adalah 50,10 dengan rata-rata mataujian 8,4.

         Ikko nama panggilan pendek  dari nama panjang  Ikko Vidia Nanadareska. Anggota keluarga Ikko  ini juga mirip  dengan keluarga Indah Rizqi, sang juara nilai tertinggi di IPA. Adiknya satu orang, masih duduk di SD. Bapaknya seorang wiraswasta dan ibunya sebagai ibu rumah tangga. “ Saya ingin masuk progrm studi Hubungan Internasional UNIDIP atau UGM” katanya saat ditanya cita-cita setelah lulus. Bahkan ia melanjutkan, “ kelak,  saya ingin bekerja di departemen luar negeri.”  “ Apakah ingin sampai lulus S3?” tanya wartawan SMSGA.  Jawab Ikko, “Enggak dulu lah, saya kerja sambil kuliah. Jadi S1 atau S2 dulu lalu kerja, baru S3”

        Cewek yang satu ini memang agak pendiam. Tetapi kalau sudah mulai bicara, ia bersemangat dan akrab lagi hangat. Apalagi saat diwawancarai wartawan SMAGA. Saat itu Ikko mamakai busana kebaya. Baju kebaya warna merah jambu yang diberi payet-payet pada pinggir-pinggirnya dengan warna emas memberikan aksentuasi lembut. Kain kebaya bercorak batik menambah penegasan pada penampilan yang gemulai dan anggun, berwibawa. 

       Ikko memang pantas memimpikan cita-cita itu. Di UN ini, bahasa Inggris Ikko 8,60, jauh di atas rata-rata  program studi IPS yang 7,19.  Satu kunci ilmu telah ia memiliki untuk tiket masuk Hubungan Internasional. Selamat mengejar cita-cita. (tus)



 

"Berita" Lainnya