“Emerald: untuk ksatria bangsa” Rebut Juara 2 FLS2N Kabupaten Banyumas 2014

Rabu, 19 Maret 2014 20:52:39 - oleh : admin

“Emerald: untuk  ksatria bangsa” Rebut Juara 2

FLS2N Kabupaten Banyumas 2014

 

Puisi berjudul “Emerald : untuk ksatria bangsa” karya Ayu Larasati, siswa kelas XI IPA -4 SMA Negeri 3 Purwokerto keluar sebagai juara 2 dalam FLS2N Siswa SMA Tingkat Kabupaten Banyumas 2014. Lomba seni cipta puisi ini diikuti 20 peserta yang berasal dari SMA negeri dan swasta. Kegiatan yang bertujuan membina kreativitas dan apresiasi pelajar terhadap seni  sastra ini diselenggarakan di ruang Ki Hajar Dewantara, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Banyumas, Selasa, 18 Maret 2014.

 

Tiga aspek yang dinilai oleh dewan juri adalah kesesuaian isi puisi dengan tema, kreativitas dan originalitas, serta estetika atau keindahan. Para juri merupakan guru bahasa Indonesia SMK dan SMP yang memiliki kapabilitas memadai dan bekerja sangat independen. Para kontestan mulai menulis puisi sesaat setelah juri menyampaikan subtema dari tema besar yang telah ditetapkan. Mereka diberi waktu maksimal 120 menit untuk melahirkankan karyanya di atas dua lembar kertas folio bergaris yang disediakan panitia.

 

Puisi berjudul “Emerald : untuk ksatria bangsa” memaparkan kenyataan-kenyataan yang hidup dan berkembang di sekitar kita, krisis moral dan karakter luhur bangsa yang terus terkikis-nyaris memunculkan ‘waspada moral’ bagi bangsa yang kerap mengklaim diri sebagai bangsa timur yang ramah tamah. Dalam paruh puisinya, Ayu mengisahkan janji perjuangan  mengembalikan dan menginternalisasi keluhuran budi pekerti ke dalam jiwa generasi muda, bekerja keras menganyam cita-cita mulia demi Indonesia bercahaya dalam kilau zamrud khatulistiwa. Atas prestasinya tersebut, ia memperoleh piala, piagam, dan uang pembinaan dari Dinas Pendidikan dan kebudayaan Kabupaten Banyumas. Selamat. (-sy-)

 

"Berita" Lainnya