Kemah Blok Aktualisasi Pendidikan Kepramukaan

Kamis, 13 Desember 2018 09:01:48 - oleh : admin

Kegiatan kepramukaan adalah pendidikan bagi kaum muda untuk membangun generasi muda yang berakhlak dan berbudi pekerti luhur. Dalam pelaksanaannya harusdilandasi nilai-nilai ketaqwaan, nilai sosial, nasionalisme danbertanggung jawab serta memiliki jasmani yang sehat dan kuat.Sehingga dalam kegiatan kepramukaan siswa mampu mengaplikasikan segala yang didapatkan dalam kehidupan bermasyarakat.

Pendidikan kepramukaan dalam kurikulum 2013, ditetapkan sebagai kegiatan ekstrakurikuler wajib. Hal ini mengandung makna bahwa pendidikan kepramukaan merupakan kegiatan ekstrakurikuler yang sistemik. Model pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler wajib kepramukaan di sekolah berdasarkan permendigbud 62 tahun 2014 pasal 3 Model Blok, Model Aktualisasi dan Model Reguler. Kemah blok adalah penerapan ekstrakurikuler bagi semua siswa kelas XI dan XII SMA Negeri 3 Purwokerto yang dilakukan 1 kali dalam setahun selama 36 Jam. Kegiatan tersebut selain tuntutan kurikulum juga merupakan rencana kerja tahunan sekolah. 

Tujuan kegiatan ini adalah memberikan pengetahuan dan pengalaman pendidikan kepramukaan kepada peserta didik yang lebih berorientasi kepada pemikiran yang lebih maju dan terbuka. kegiatan dilaksanakan pada tanggal 7-9 Desember 2018. Kegiatan ini dibuka oleh kepala sekolah pada tanggal 7 Desember 2018.

"Berita" Lainnya