5 Golongan Manusia Menurut Emha Ainun Najib :

Rabu, 24 April 2013 20:56:16 - oleh : admin

5 Golongan Manusia Menurut Emha Ainun Najib :

 

1.       Manusia Wajib artinya manusia yang dalam kehidupan sehari-harinya banyak memberikan manfaat bagi orang lain / masyarakat luas, keberadaannya dalam satu lingkungan dapat membuat orang  di sekitarnya merasa tenang, damai, dan memberi banyak ruang manfaat. Ketika dia tidak ada, lingkungan di sekitarnya merasa kehilangan dan begitu merindukannya. Manusia wajib memiliki ciri-ciri penyabar, taat beribadah, ramah tamah, segala gerak gerik dan perilakunya mencerminkan budi pekerti yang baik. Dalam hatinya akan merasa bahagia bila telah melakukan kebaikan, berprinsip banyak memberi dan mengharap ridho dari Allah SWT.

 

2.       Manusia Sunnah adalah manusia yang kehadirannya banyak memberikan manfaat bagi orang di sekitarnya, tetapi ketidakhadirannya tidak membuat masyarakat di sekitarnya merasa kehilangan dan merindukannya. Mungkin manusia sunnah ini dalam berbuat tidak dari lubuk hati yang dalam, tiada ketulusan dan keiklasan sehingga ketika ia pergi masyarakat di sekitarnya tak merasa kehilangan.

 

3.       Manusia Mubah adalah  manusia yang ada dan tidak ada keberadaannya, tidak memberian manfaat, pengaruh apa-apa tetapi juga tidak memberikan mudharat.

 

4.       Manusia Makruh adalah manusia yang kehadiran dan ketidakhadirannya tidak ada pengaruhnya bagi lingkungan masyarakat di sekitarnya, tidak banyak kontribusi yang berarti dalam hidupnya.

 

5.       Manusia Haram adalah manusia yang kehadirannya banyak memberikan mudharat/masalah ketimbang manfaat, kehadirannya membuat masyarakat di sekitarnya tidak tenang, merasa khawatir, dan ketidakhadirannya membuat orang mensyukurinya. Hal ini karena manusia haram memiliki sifat-sifat tercela, budi pekerti yg buruk, menipu, memfitnah banyak melanggar larangan Allah daripada melaksanakan perintah-Nya.

"Artikel" Lainnya